Minggu, 28 Oktober 2012

PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI TERBARU DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI






1.       Jelaskan arti penggunaan tanda Kutip ("), tanda Tambah (+), dan tanda kurang (-) saat mengetikkan keyword di google
Jawab:
·         Arti penggunaan tanda kutip (“)  
sebagai operator frase, hasil pencarian nya lebih spesifik. Misal  dengan kata  “jenis makanan sehat    maka yang muncul hanya artikel yang dimaksud.
·         Arti penggunaan tanda tambah (+)
 untuk mencari kata yang memang membutuhkan kata -kata umum( misal : dan,atau,yang ). Karena terkadang google dalam pencarian nya mengabaikan kata tersebut. Misal  : Olahraga + tips ,maka yang muncul adalah artiket tentang olahraga dan tips berolahraga.
·         Arti penggunaan tanda tambah (-) 
Kebalikan dari tanda tambah , agar google dalam pencarian nya mengabaikan  kata-kata umum. Misal : Olahraga – tips, maka yang muncul hanya artikel olahraga tanpa tips berolahraga.









2.       Jelaskan cara mencari gambar dengan resolusi tertentu mempergunakan google. Misalnya resolusi 800 x 600 pixel saja.
Jawab:
  Buka Google Images,ketik  gambar yang di inginkan,lalu klik Exactly yang berada di bagian kolom any size. Lalu isikan 800 pada kolom Width dan 600 pada kolom Height. Maka yang muncul hanya gambar yang mempunyai resolusi 800 x 600 pixel saja.








3.       Jelaskan kegunaan operator AND dan OR pada saat mengetikkan keyword di google
Jawab:
·         Operator AND
Secara default google sudah menggunakan logika AND, jadi cukup masukkan kata-kata yang akan kita cari. Dan hasil pencarian nya pun jauh lebih sedikit di banding menggunakan kata atau.
·         Operator OR
Untuk mengunakan operator OR kita cukup sisipkan kata OR di antara kata-kata yang ingin di operasikan, penulisan kata OR menggunakan huruf kapital. Hasil pencariannya berupa halaman web yang berisi kata misal mobil atau balap.







 Sumber di ambil dari  hubble-bubbleshop.blogspot.com




Resume :
PENERAPAN TEKNOLOGI  INFORMASI  TERBARU DALAM  SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Alasan utama penggunaan teknologi informasi dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu, biaya dan tenaga kerja. Alasan lain termasuk peningkatan efektifitas, mencapai hasil/output laporan keuangan dengan benar serta perlindungan atas aset perusahaan.

Penggunaan teknologi informasi dalam bidang akuntansi misalnya:

          1.      Just In Time (JIT)
Sistem ini pesanan pembelian untuk barang-barang persediaan dibuat berdasarkan konsep “permintaan-tarik”untuk memenuhi tingkat persediaan tertentu.


Lingkungan JIT merupakan suatu lingkungan arus yang berkelanjutan , operasi pemrosesan secara  kontinu, untuk meminimalkan atau mengeliminasi persediaan          secara keseluruhan.   Merupakan konsep yang mirip dengan TQM (Total Quality Management.
        Kegiatan pemrosesan muncul dengan konsep “tarikan”. Kegiatan (seperti pemesanan produk baru) terjadi hanya pada saat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Permintaan pelanggan, yang ditandai oleh order penjualan saat ini, “menarik” (menyebabkan pemicu) pesanan mulai dari pemrosesan permintaan ulang. Akibatnya dilakukanlah pesanan kepada pemasok. Pesanan kepada pemasok didasarkan pada penjualan yang aktual untuk mengisi kembali persedian yang telah terjual. Permintaan penjualan saat ini “menarik” (secara otomatis memicu) terjadinya pesanan untuk mengisi persediaan. Sehingga pedagang eceran dapat memesan dengan dasar kecenderungan pembelian yang terjadi saat ini.

2.  Web Commerce
Yaitu perdagangan dengan jaringan internet. Penjualan melalui jaring internet (World Wide Web) merupakan bagian integral dari perekonomian. Penjualan tersebut menyediakan banyak keuntungan baik bagi konsumen maupun penyedia barang.

Keuntungan bagi konsumen :
1.            Tidak perlu antri untuk dilayani oleh pramuniaga atau mendapatkan   informasi produk.

2.            Melalui software berbasis jaringan internet yang canggih, seorang pelanggan dapat memperoleh                 jawaban yang cepat atas pertanyaan yang kompleks mengenai produk yang bersangkutan.
3.             Transaksi berbasis web biasanya dilindungi dengan fasilitas enkripsi untuk alasan keamanan.

Keuntungan bagi penyedia barang :
1.      Penghematan biaya karena adanya pemesanan secara otomatis.
2.      Pengkodean elektronis secara otomatis atas data transaksi.
3.      Rendahnya biaya overhead
4.      Barang dapat dipasarkan ke segenap penjuru dunia.
5.      Pemutakhiran, pengenalan produk baru dan perubahan harga dapat dilakukan secara cepat.


3. Electronic Data Interchange (EDI)
Merupakan pertukaran dokumen bisnis dari komputer ke komputer melalui jaringan komunikasi,sedangkan pesan-pesan EDI dibuat dan diinterpretasikan oleh komputer.:
              Menghubungkan sistem komputer perusahaan pengecer dengan sistem komputer pemasok akan menghilangkan pemrosesan kertas dan memungkinkan untuk menempatkan dan memproses pesanan pembelian secara cepat, sehingga mendukung pengiriman tanggap cepat dan pengambilan pesanan dari persediaan pemasok pun dapat dilakukan tanpa keterlibatan manusia.

4. Computer Integrated Manufacturing (CIM)
Merupakan pendekatan terpadu untuk pemanfaatan teknologi informasi pada perusahaan manufaktur. Komponen- komponen sistem CIM biasanya :
·         Mencakup stasiun-stasiun kerja perancangan bantuan komputer (Computer Aided Design-CAD).
·         Sistem pengendalian dan monitoring produksi secara realtime.
·         Sistem pemesanan dan pengendalian persediaan.
Kelebihan CIM yaitu :
·         Dirancang untuk mendukung operasi yang terdistribusi. Komponen-komponen CIM diatas    dihubungkan melalui jaringan komputer dan dilengkapi dengan sistem software.
·         Mengurangi biaya informasi. Melalui EDI, memungkinkan hubungan yang lebih dekat antara produsen, pemasok, dan pelanggan.
·         Otomasi data sumber mengenai kegiatan produksi adalah hal yang penting bagi CIM, karenanya, kode bar yang dapat dibaca oleh mesin dan teknologi scanning merupakan komponen-komponen sistem yang penting.



5. Electronic Funds Transfer (EFT)
Merupakan sistem pembayaran dimana pemrosesan dan komunikasi sepenuhnya atau sebagian besar dilakukan secara elektronik.Sistem EFT menyediakan fasilitas perpindahan dana secara elektronik antar organisasi yang didasarkan  pada instruksi pelanggan.Bank dapat berhubungan dengan aplikasi-aplikasi EDI organisasi.
      Industri perbankan dan keuangan menggunakan :
1. FedWire, merupakan sistem pembayaran dan komunikasi elektronik. Berbagai bank yang memiliki rekening pada bank sentral Amerika untuk mentransfer dana antar mereka.
2. Clearing House Interbank Payment System (CHIPS), merupakan sistem Wiring otomatis yang digunakan untuk mengkliringkan pembayaran  Eurodollar antara lembaga-lembaga keuangan AS dengan non-AS.
3. Clearing House Automated Payment System(CHAPS), merupakan fasilitas yang menyediakan transfer dana Pound Sterling  yang selesai dalam satu hari (same day settlement) yang digunakan oleh bank-bank kliring besar di Inggris dan Bank of England.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar